Yahukimo Papua
22 Nopember 2018

Yahukimo adalah Sebuah kabupaten pemekaran dari Kabupaten Wamena di Provinsi Papua.

Keberangkatan ke Yahukimo dalam rangka mengemban tugas supervisi pelaksanaan pengamanan Pilpres dan Pileg 2019.
Berangkat dari bandara Sentani menuju bandara Nop Goleat Dekai Yahukimo (bandara ini konon diresmikan oleh Presiden Joko Widodo belum lama ini) dengan menggunakan pesawat Citylink kapasitas 40 orang.
Di Provinsi Papua transfortasi antar kabupaten dan bahkan antar distrik/setingkat kecamatan harus menggunakan pesawat. Disinilah salah satu faktor penghambat pembangunan dan mahalnya harga-harga di papua.
Dari ketinggian wilayah Kab. Yahukimo terlihat hijau masih hutan belukar, pohon-pohon, sungai, rawa dan semak belukar. terlihat adanya beberapa rumah kayu dipinggir-pinggir sungai dan bukit-bukit tebing pegunungan.
Yahukimo sendiri merupakan singkatan dari nama 4 suku yg terbilang besar dan berpengaruh di daerah ini, yaitu suku: Yali, Kuplah, Kimyal dan suku Momina. Selain suku-suku tersebut msh puluhan suku-suku lain yg bermukim di balik lereng dan puncak gunung-gunung yg mengelilingi kota kabupaten Yahukimo.
Kondisi daerah kota kabupaten Yahukimo bila dibandingkan di Provinsi Jawa Barat rasanya masih rame di kampung saya di dusun cikamangi desa Leuweunghapit Kec. Ligung Kab. Majalengka, bedanya disini ada kantor bupati, perumahan/pendopo bupati, kantor DPRD, kantor KPU dan Kantor Panwaslu tapi pejabatnya tidak ada ditempat dan keryawannya banyak tidak ngantor karena berasal dari luar kabupaten Yahukimo.
Aktifitas Penduduknya hanya berada di pasar dekat Polres Yahukimo dan hampir yang jualan disitu 90% dari orang luar ada jawa, sunda, makassar, toraja, buton, ambon, manado dll, Anak-anak sekolah, dan ada sekelompok orang-orang asli dari suku asli yang kerjanya jalan-jalan dan berkumpul menggerombol di gubug-gubug pinggiran jalan tanpa ada aktifitas yg dilakukan.
Potensi Wilayah menurut kapolres dan pak Tomson salah satu kepala Distrik di Yahukimo, di bumi Yahukimo masih tersimpan potensi emas, batu bara, kayu besi dll. Sulitnya investor masuk untuk memproduksi potensi alam sendiri karena para ketua-ketua suku disitu masih belum membuka diri dan kuatnya pengaruh adat serta kost transfortasi yg mahal.
Sinyal komunikasi dan TV sering terganggu dan sangat lemah karena banyaknya pegunungan termasuk penerangan listrik masih dijadwal 6 jam pagi dan 6 jam malam. Unt makan masih terbantu ada warung pak Wawan yang ternyata orang asli Majalengka.
Supervisi yg harusnya dilaksanakan 3 hari selesai 2 hari, karena objek-objek supervisi dari unsur Pemda, KPU dan Panwas tidak ada ditempat.

Yahukimo Papua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *