Disampaikan dalam Rapat Pengurus Pusat Makom Albab Masa Bhakti 2018-2021 dan Pembubaran Panitia Rakernas III, Kepengurusan “HIKMATUL BADAR” pada hari Minggu, tanggal  10  Desember 2017 bertempat di Auditorium  Masjid Zaenal Abidin Batang – Pamanukan – Subang.

IMG_20171210_103628 Panitia Rakernas III dan Pengurus Pusat Makom Albab di dalam Masjid Zaenal Abidin Subang

IMG_20171210_104727Prakata Pendiri Masjid Zaenal Abidin oleh Bapaka H. Zaenal Abidin (Wabendum PWNU Jabar)

IMG_20171210_105340Laporan Ketua Panitia Rakernas III, Bapak Drs. Zainuri Anwar

IMG_20171210_114521Penyerahan Laptop dan Infocus dari Panitia ke Pengurus Pusat Makom Albab

Rapat Perdana Pengurus Pusat Makom Albab Masa bhakti 2018-202, Kepengurusan “Hikamatul Badar” adalah dalam rangka menindak-lanjuti Hasil Rakernas guna memantapkan program kerja Pengurus pada masing-masing Deparetemen dan Bagian.

Sebelum mengulas hasil Rakernas III Makom Albab, perlu tabayyun mengenai motto atau sebutan “Hikmatul Badar” untuk kepengurusan PP Makom Albab masa bhakti 2018 -2021. Hikamatul Badar diambil dari dua kata “Hikmah” dan Badar”. Hikmah secara harfiyah bermakna kebijaksanaan, pendapat atau pikiran-pikiran yang bagus. Sedangkan secara ishtilahi adalah kumpulan keutamaan dan kemuliaan yang membuat pemiliknya mampu menempatkan sesuatu pada tempatnya. Kata hikmah banyak ditemukan di dalam Al-quran, misalnya pada Surat Al-Baqoroh: 269. Badar adalah sebuat tempat dan atau peristiwa perang perdana antar Kaum Muslimin melawan Kaum Musyrikin Quraisy.

 

Hikmatul Badar adalah Motto Kepengurusan Pusat Makom Albab masa bhakti 2018 – 2021, yang merupakan keinginan luhur untuk berniat dan mereplesikan niai-nilai keutamaan (hikmah) perang badar  dalam menjalankan amanah kepengurusan. Nilai-nalai itu antara lain:

  1. Perang Badar merupakan tonggak sejarah dalam Islam yang sangat menentukan keberlanjutan peradaban Islam. Apabila umat Islam kalah dalam peperangan ini, maka ajaran kebenaran yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, tidak akan tersyiar sebagai agama rahmatal lilalamin. Makom Albab yang baru berusia kulang lebih 21 bulan dan setelah  dilakukan evaluasi dan konsolidasi kita perlu berjuang untuk memantapkan danmemajukan organisasi Makom Albab.
  2. Dalam perang Badar jumlah pasukan kaum Muslimnin hanya lebih kurang 1/3 kekuatan Kaum Musyrik Quraisy dan perlengkapan perangnyapu masih minim, namun kaum Muslimin menang dalam pertepuran tersebut. Kekuatan Makom Albab masih minim, namun berkeinginan untuk bisa berperan dan bersaing dalam percaturan dinamika kehidupan diberbagai aspek kehidupan.
  3. Dalam perang Badar semangat kaum Muslimin luar biasa, karena dilandasi denga keyakinan dan keimanan yang kuat kepada Allah dan Rasul-Nya. Didorong dengan keikhlashan, mereka tdiak takut mati, karena yang mereka harapkan adalah syahid dan surga. Kita berharap PP Makom Albab menanamkan jiwa semangat, yang dilandasi keimanan, niat ibadah dan ikhlash dalam membangun Makom Albab.
  4. Pada perang Badar strategi yang diterapkan oleh Rasulullah SAW dan kaum Muslim sangat jitu sehingga bisa memenangkan perang. Makom Albab ingin menrapkan strategi dan program-program yang tepat sehingga ke dapan bisa memenangkan persaingan local, nasional maupun global. Tentu dengan tetap kita berdoa mohon rahmat dan hidayah, kekuatan serta perlindungan dari Allah SWT

Setelah mempelajari hasil rapat komisi dan pleno yang dijadikan rekomendasi pada Rapat Kerja Nasional III PP Makom Albab, telah difahami, namun tentunya rekomendasi tersebut akan disesuaikan dengan kondisi riil kemampuan Makom Albab dan atau pelaksanaanya akan disesuaikan dengan Tahapan Grand Strategi Makom Albab.

Di bawah ini ulasan terhadap rekomendasi hasil Rakernas III PP. Makom Albab, sebagai berikut:

I. BIDANG KEORGANISASIAN

Hasil siding komisi dan pleno bidang keorganisasian pada umumnya telah sesuai dengan rencana program kerja yang telah dirumuskan oleh Pengurus Pusat baik secara eksflisit maupun inflisit, dan sebahagian merupakan rincian dari program yang sudah ada, sehingga masukan dari Bidang Keorganisasian tidak mengalami perubahan yang signifikan,    tetapi perlu penyesuaian kalimat dalam butir-butir program kerja dan atau dalam job description.

Yang terpenting pada Raker III,  ini bidang keorganisasian telah menyetuji dilakukan Restrukturasi Organisasi PP Makom Albab. Pada bagian lain perlu mengakomodir  terhadap program yang direkomendasikan dari Komisi B, yaitu: “Pembentukkan badan otonom dan lembaga’

II. BIDANG PROGRAM KERJA

1.VISI

Konsep: mewujudkan Makom Albab yang solid dan bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan dan kesejahteraan bangsa”

Usulan Komisi: “mewujudkan Makom Albab yang partisipatif dan kontributif bagi pembangunan karakter bangsa memalui niai-nilai kepesantrenan”

Dalam Pleno tidak ada tanggapan dan direkomendasikan untuk dirumuskan secara khusus oleh pengurus. Setelah dikomunikasikan dengan ketua Komisi B, disepakati Visi sbb:

 “mewujudkan Makom Albab yang solid dan partisifatif dalam meningkatkan kualitas hidup ummat berbasis nilai-nilai kepesantrenan.

2.MISI

Hasil Komisi dan Pleno,

  1. Meningkatkan kualitas iman dan taqwa umat Islam di Indonesia
  2. Meningkatkan martabat hidup masyarakat Indonesia
  3. Membangun ukhuwah untuk memperkokoh NKRI

Telah disesuaikan dengan konsep Misi Makom Albab, sehingga diperoleh rumusan sbb:

  1. Meningkatkan kualitas iman dan taqwa Alumni Babakan dan Masyarakat
  2. Meningkatkan kualitas pendidikan Pondok Pesantren Babakan
  3. Meningkatkan konsolidasi organisasi Makom Albab
  4. Menyelenggarakan kiprah Makom Albab pada berbagai aspek kehidupan masyarakat
  5. Menyelenggarakan ukhuwah untuk memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 3.RENCANA STRATEGI

Rencana Straegi dan Program Kerja PP Makom Albab disusun dan disesuaikan berdasarkan konsep awal yang sudah dibuat oleh Pengurus dan  hasil sidang komisi dan pleno  bidang keorganisasian, program kerja dan isu kekinian pada Raker III PP Makom Albab tanggal 2-3 Desember 2017 di Cirebon dan disesuaikan dengan kondisi kemampuan Makom Albab.

Masukan dari hasil Rakernas telah diakomodir masuk Strategi Jangka Pendek, Jangka Menengah dan Jangka Panjang serta Program Kerja Tahunan.

Program Kerja Jangka Pendek (tahunan) tambahan yang diusulkan pada Raker III, yaitu:

  1. Wisata Spiritual dan Mental pada bulan Juni 2018
  2. Peringatan Harlah Makom Albab tanggal 26 Maret 2018
  3. Pembuatan Kartu Anggota
  4. Membuat Mars Makom Albab
  5. Membuat seragam Makom Albab
  6. (membuat bendera Makom Albab ini amanat ART)
  7. Mengagendakan Rakernas IV di Jakarta atau Subang atau Cirebon ( Rakornas tidak ada di dalam AD/ART)
  8. Membuat majalah Makom Albab min sat tahun satu edisi,

Rekomendasi untuk program (tambahan) jangka menengah sbb:

  1. Pembinaan kusus dalam bidang enterprenership dan IT
  2. Mensupport pengembangan program pesantren di bidang wirausaha dan IT
  3. Kerjasama dalam bidang pemberdayaan ekonomi dan penguatan pendidikan
  4. Pembentukkan badan otonom dan lembaga

Rekomendasi untuk program (tambahan) jangka panjang sbb:

  1. Mendorong berdirinya lembaga pendidikan bertaraf Internasional
  2. Membentuk wakaf produktif
  3. Membentuk dan mengambangkan badan usaha Albab Mart, Koperasi, Klinik dll
  4. Mendorong munculnya kepemimpinan Nasional yang berasal dari Makom Albab.

Untuk pointer Analisa SWOT telah disesuaikan dan dijadikan acuan dalam penyususnan Strategi dan Program Kerja Makom Albab.

  • ISU-ISU KEKINIAN

Komisi C yang membahas Isu-isu kekinian merekomendasikan melalui Sidang Pleno pada Rakernas III  Makom Albab, sebagai berikut;

1.Merumuskan Kode Etik Makom Albab, dengan prinsip-prinsip:

  • Aqidah syar’I harus menjadi pegangan bagi seluruh Anggota Makom Albab
  • Tidak saling menyerang dan mendiskriditkan sesama Anggota Makom Albab
  • Bersikap terbuka terhadap pendapat orang lain
  • Mengutamakan rasa persatuan dan kesatuan

Tindak lanjut perumusan Kode Etik ini akan ditindak lanjuti dengan membuat PO (Peraturan Organisasi) PP Makom Albab:

2. Hubungan antara Alumni dengan Masyayich sbb:

  • Masyayich harus dihormati dan dimuliakan oleh seluruh Alumni tanpa memandang usia, latar belkang pendidikan dan keluarga.
  • Perlu ditingkatkan hubungan silaturahmi dengan masyayich

3. Peran Makom Albab dalam Program MASARO (Manajemen Sampah Zero)

  • Makom Albab menjadikan Masaro sebagai program unggulan
  • Masaro sudah bisa digerkkan oleh Makom Albab sendiri

4. Memotret pengurus PP yang memiliki keunggulan sebagai pengembangan PP Bacicir

5. Albab menghadirkan Ahli kurikulum untuk memberikan masukan terkait penerapan kurikulum alternative melaui seminar, wark shop dan lain-lain.

6. Posisi pemabngunan Sekretariat Makom Albab:

  • Pembangunan Sekretariat Makom Albab di Daerah Kertajati Majalengka.
  • Mendukung komlek perumahan anggota Makom Albab
  • Mendukung didirikannya lembaga Pendidikan Unggulan (di daerah/sekitar komplek tersebut)

7. Untuk Syiar Makom Albab perlu segera di laouncng Wabsite Makom Albab.

Demikianlah beberapa point rekomendasi (penting) dari hasil Rakernas III Makom Albab yang dilaksanakan pada tanggal 2 -3 desember 2017. Seperti disinggung di atas bahwa rekomendasi Raker III ini dijadikan acuan untuk  dimasukan dan disesuaikan dengan konsep yang sudah dirumuskan oleh Pengurus, Point-point rekomendasi yang bersifat operasional, akan di masukan dalam Job Description sesuai dengan Departemen yang relevan mengawakinya.

Subang, 10 Desember 2017

Foto Kegiatan Rapat dan Pembubaran Panitia

Tindak Lanjut Hasil Rakernas III

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *