Dr. H. Juhana Zulfan, MM.

Lahir di Majalengka Jawa Barat pada tanggal 12 Desember 1962, anak ke 9 dari pasangan Bapak H. Juhri bin Sarwiyan (Alm) dan Ibu Hj. Warsih bin Mad ‘Ali (Almh). Tamat SDN Leuweung Hapit tahun 1974, MTsN Bantarwaru tahun 1978/79, dan MAN di lingkungan Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon 1982/83. Kemudian mengikuti Kuliah S1 pada Jurusan Dakwah Fakultas Ushuluddin IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta tamat tahun 1987. Selama Kuliah di IAIN aktif di berbagi organisasi kemahasiswaan baik internal maupun di luar Kampus, serta aktif mengikuti pelatihan-pelatihan kader kepemimpinan, kepemudaan dan jurnalistik serta mengajar di Sekolah.

Pada tangga 31 Juli 1994 menikah dengan Rina Rahayu,SH putri keturunan Jadar Bapak Jawa Ibu Mandar yang lahir pada tanggal 14 Januari 1972. Dikaruniai putra 4 dan putri 1, yaitu: Irfan Prawirakusuma, Farhan Prawirakusuma, Fahri Prawirakusuma, Fikri Prawirakusuma dan Diva Fadliyah Kusumawardani.

Kemudian melanjutkan pendidikan S2 pada program studi manjemen Sumber Daya Manusia Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar tamat tahun 2003. Pada tahun 2013 melanjutkan pendidikan S3 program Studi Manajemen Pendidikan pada Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) kerjasama dengan Universita Palangkaraya (UNPAR).

Pada tahun 1988 setamat kuliah S1 di IAIN, diterima masuk pendidikan Sekolah Perwira (SEPA) Militer Sukarela Matra Polri Angkatan VI di Sekolah Calon Perwira (Secapa) Sukabumi tamat tahun 1989 dan ditugaskan di Polda Sulawesi Selatan dan Tenggara disingkat Sulselra. Jabatan yang pernah diduduki yaitu: Perwira Administrasi Direktorat Personel Polda Sulselra, Tenaga Pendidik Madya di SPN Batua, Kaur Binplin Korps Siswa, Kasubag Bindik, dan Kepala Korps Siswa SPN Batua merangkap sebagai tenaga pendidik dan pengasuh. Pada tahun 1999 s.d. 2001 bertugas sebagai Wakil Kepala Resort Kabupaten Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan. Kemudian mengikuti pendidikan pengembangan umum Sekolah Lanjutan Perwira (Selapa) Polri Angkatan XXX di Jakarta Selatan selama 9 bulan. Setelah tamat Selapa Polri kembali ke Polda Sulsel menjabat sebagai Kepala Bidang Pembinaan Karier Biro Personel Polda Sulsel sampai tahun 2005.

Pada tahun 2005 mengikuri pendidikan pengembangan umum Sekolah Staf dan Pimpinan Polri (Sespim Polri) Angkatan XLI di Lembang Bandung. Setamat dari Sespim di tempatkan di Polda Kalimantan Tengah sebagai Kepala Bagian Pengendalian Personel (Kabag Dalpers) Biro Pers. Pada tahun 2007 ditugaskan sebagai Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Barito Selatan sampai tahun 2011. Dan mulai tahun 2011 s.d. 2013 dipercayakan mengemban jabatan Kepala Sekolah Polisi Negara (SPN) Tjilik Riwut Palangkaraya. Kemudian pada bulan September 2013 dimutasikan menjadi Direktur Tahanan dan Barang Bukti di Polda Jawa Barat sampai sekarang.

Pendidikan Kejuruan yang pernah diikuti, yaitu: pada tahun 1991 Pendidikan Akta Mengajar III di SPN Batua kerjasama dengan IKIP Ujung Pandang, Pendidikan Kejuruan Dasar Perwira Binmas di Jakarta pada tahun 1992, pendidikan Tutorial pada tahun 1992 di Pusdik Brimob Watukosek Jawa Timur, Pendidikan kejuruan lanjutan Perwira Instruktur Intelejen keamanan di Pusdik Resintel Megamendung Bogor Jawa Barat tahun 1995, pendidikan pengembangan spesialis Pamen Fungsi Personel tahun 2006, Pelatihan Assessor tahun 2012 dan pelatihan Manajemen Rencana Strategi dan Keuangan tahun 2013.

Pada tahun 1994 ditugaskan operasi jaring merah (Jamer) ke IV di Wilayah Daerah Operasi Militer (DOM) Nangro Aceh Darusalam dan ditugaskan kembali pada tahun 1998 pada operasi jaring merah (jamer) ke VIII di Wilayah hukum yang sama. Sedangkan prestasi dan penghargaan yang pernah diraih yaitu: Pasis Trengginas/Rangking II Pendidikan Sepa PK Polri, Pasis Cendekia/ rangking II Dikjur Akta III, Pasis Cendekia/Rangking I Dikjur Dasar Binmas Polri, Pasis Cendekia/Rangking I Dikjur Lanjutan Perwira Instruktur Intelejen keamanan, Pasis Tauladan/Rangking I Pendidikan Selapa Polri, dan Pasis Tauladan/Rangking I Pendidikan Pamen Fungsi Personel, serta Penghargaan Gubernur Nangro Aceh Darussalam atas kegiatan kemanusiaan penangan deportasi WNI dari Timur Tengah.

Karya Ilmiyah yang ditulis, yaitu: Konstruksi Strategi Dakwah (Suatu Pendeketan Aplikasi Sistem Komunikasi Micro Horizontal (Skripsi), Analisa Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Peningkatan Kinerja Personel Polri di Markas Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Tesis), Konsepsi Implementasi Strategi membangun Sistem Pembinaan Karier Berbasis Kompetensi dalam rangka Meningkatkan Profesionalisme Perwira di Polda Sulawesi Selatan (Naskah Akademik Perorangan) dan Evaluasi Program Pengelolaan Sepolwan dalam menyelenggrakan pendidikan pembentukan Brigadir Tugas Umum Polwan Angkatan XLIII T.A. 2014 di Jakarta. Sampai saat ini masih berprofesi sebagai Anggota Polri Polda Jawa Barat, berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi dan berdomisili di Jln. Mahoni II No 2A Perumahan Bumi Panyawangan Cileunyi Bandung.